Jumat, 18 September 2009

Membuat Nilai Tambah


Sering dengar istilah nilai tambah? Berikut ini adalah cara menciptakan nilai tambah pada produk Anda, baik barang maupun jasa:

1. Dirubah namanya
contoh: air minum biasa diberi nama "air berkah", maka harganya bisa lebih mahal.

2. Didekatkan jaraknya
contoh: harga besi bekas per kilo 5000 (misal), kemudian setelah dikirim ke pabrik peleburan besi harganya bisa naik jadi 7000 per kilo, karena ada biaya kirimnya.

3. Kasih bonus tambahan
contoh: belanja di supermarket, bila total pembelanjaan senilai Rp 100.000, maka akan dapat voucher diskon untuk pembelian berikutnya atau kupon undian berhadiah.

4. Merubah bentuk
contoh: plastik sekilo dijual seharga Rp 8000 (misal), ketika dirubah menjadi kursi, maka harganya berubah menjadi Rp 25.000 per kilo.

5. Digambarkan proses pembuatannya
contoh: jualan minyak sayur, pada kemasannya ada tulisan "3 kali penyaringan" beserta beberapa gambar proses penyaringannya (padahal minyak sayur merek lainpun juga melalui proses yang sama).

6. Mempercantik kemasan
contoh: Jika Anda menjadi seorang sales mobil, maka penampilan Anda harus kelihatan cool atau keren, misalnya dengan memakai jas, dasi, sepatu, dan lainnya. Prinsipnya: biar dompet masih tipis, yang penting penampilan tetap cool!

Tidak ada komentar: