Kamis, 12 Agustus 2010

Sukses Dengan Kebenaran

Saya sering mendengar kalimat seperti ini, "kalau orang yang jujur, pasti gak bakal jadi kaya".

Ada seorang tokoh sejarah yang membuat saya tidak setuju dengan pernyataan seperti itu, beliau bernama Liu Bei, seorang pahlawan pada masa dinasti han di negeri China (zaman tiga kerajaan).

Pada awalnya Liu Bei adalah seorang penjual sendal jerami di pasar, hingga akhirnya dia menjadi seorang kaisar. Karakter dari Liu Bei adalah baik, ramah, sangat polos dan jujur, karena terlalu baik dan jujur, ia sering terlihat bodoh di mata lawan perangnya.

Ketika ia pernah jadi pemimpin di suatu daerah, rakyat di sana sangat menyayanginya karena kebijaksanaan dan kasih sayang dalam memberikan pelayanan kepada rakyatnya. Hal itu terbukti ketika ia sempat mengalami kekalahan oleh Cao-cao (salah satu lawan perangnya), karena pasukannya sangat sedikit maka dia terpaksa mengungsi dari daerah miliknya ke daerah lain, yang mengejutkan adalah seluruh rakyat di sana yang jumlahnya hampir 500ribu jiwa dengan sukarela mengikuti Liu Bei yang bahkan tidak memiliki tempat yang disebut sebagai rumah.

Selama bertahun-tahun Liu Bei sering mengalami kegagalan, tetapi alam semesta mendukungnya untuk sukses menjadi seorang kaisar. Dalam proses perjuangannya untuk meraih keberhasilan, ia mendapat dukungan dari jenderal-jenderal dan penasehat perang yang terbaik di seluruh negeri China.

Kesimpulannya: Ikuti jalur yang benar dalam perjalanan menuju keberhasilan, maka alam semesta akan mendukung.

Tidak ada komentar: